Senin, 02 Juni 2014

WISATA ASIK DITANAH KARO DENGAN ALAM YANG MEMPESONA By Martha Sipangkar

By MARTHA SIPANGKAR

1. TAMAN ALAM LUMBINI

Taman alam lumbini, berastagi adalah kompleks taman alam yang didalamnya terdapat sebuah kuil Buddha yang sangat megah Warnanya yang kuning keemasan membuat pagoda ini tampak berdiri kokoh dan megah diantara pepohonan yang rindang. Selain bangunan pagoda yang mengah, komplek seluas +/- 3 hetar ini juga terhampar taman yang indah dengan mengikuti kontur alam yang curam yang menambah pesona dan keunikannya.

Lumbini merupakan tempat pertama yang kami tuju saat kami mengunjungi tempat-tempat wisata ditanah karo setelah erupsi gunung sinabung. Kami berkunjung ke taman alam lumbini pada tanggal 21 mei 2014 bersama dengan dosen dari Prodi Administrasi Perkantoran serta seluruh mahasiswa ADP Stambuk 2012.

Saat menuju taman alam lumbini kita dapat melihat indahnya alam tanah  karo dengan melihat adanya kebun-kebun yang ditanami tanaman khas daerah seperti  sayur-sayuran, buah-buahan.

Untuk memasuki Pagoda kita tidak di pungut Biaya namun ada beberapa aturan yang harus ditaati saat memasuki Taman Alam Lumbini yaitu seperti tidak boleh membawa makanan kedalam areal taman  lumbini, saat memasuki pagoda kita harus melepaskan alas kaki, dan juga saat didalam pagoda tidak boleh memotret dengan handpone.

Saat berkunjung saya melihat ada beberapa wisatawan yang masuk untuk berdoa. Tapi katanya sih sekarang pengunjung berkurang setelah erupsi gunung sinabung, katanya mereka takut. Padahal saat kita mengunjungi tanah karo rasanya tidak perlu ada yang ditakutkan semuanya baik-baik saja serasa tidak ada hambatan untuk menuju kesana dan memang ia kami berkunjung ditanah karo rasa aman dan nyaman bahkan pengen banget lama" disana rasanya taman alam yang ada dilumbini bisa merilekskan pikiran dan memang ia rasanaya benar-benar aman, nyamanlah pokoknya. Saya rasa siapa pun yang membaca ini  aku pengen kamu datang ke sana untuk merasakan keindahan yang ada. Sekarang aja masih pengen kesana lagi......  :)

Taman yang sangat indah

Perjalanan saat menuju lumbini dan juga  saat kami didalam areal lumbini.

2. GUNDALING
 Selanjutnya setelah dari lumbini  kami melanjutkan perjalanan ke Bukit Gundaling yang begitu indah.

Bukit Gundaling merupakan  tempat wisata kedua yang kami tuju. Saat keluar dari bus dan menginjakkan kaki di bukit ini saya langsung bisa merasakan hawa pegunungan yang sejuk dan segar, yang bisa bisa menghilangkan rasa penat yang saya alami selama ini. Untuk mengelilingi bukit gundaling kita bisa trekking atau menunggai kuda yang tersebar disekitar bukit dengan tarif yang bervariatif. Namun saat menuju puncak kami jalan kaki sehingga khas dari pegunungan sangat terasa.

Disini  kita bisa berfoto dengan menjadikan gunung sinabung sebagai backgoundnya.

Pemandangannya indah kan...........  sehingga rasanya malas banget balik ke penginapan kalau sudah disini. Bagi siapa aj, kamu harus berkungjung ke sini loh klo ngk kamu pasti nyesal deh kalau hanya bisa liat di internet aj, tapi ngk berkunjung. Aku jamin past aman dan bakal ketagihan.

3. DESA LINGGA

Baiklah ..........  setelah kami mengunjung sekolah regruping di SMP N 1 SIMPANG EMPAT, kami pun melanjutkan perjalan ke desa wisata Lingga. Turun dari bus merasakan suasana angin dan juga sore hari serta melihat aktivitas warga secara langsung bisa menujukkan suasana perkampungan adat yang masih kental. Dimana desa lingga merupakan suatu wilayah yang memiliki rumah adat dengat atap ijuk dan juga  rumah panggung . Selain jambur dan juga mseum semunya rumah adat meratap ijuk dan berbentuk rumah panggung.

Ini merupakan Geriten. Geriten berbentuk seperti kantur kantur. Geriten berdiri di atas tiang, mempunyai dua lantai. Lantai bawah tidak berdinding berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi sebagian warga, terutama kaum muda. Lantai atas yang berdinding berfungsi untuk menyimpan kerangka anggota keluarga yang telah meninggal.

Jambur
Bentuk bangunan ini mirip dengan rumah adat, tetapi jambur bukan merupakan bangunan berpanggung dan tidak berdinding. Digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pesta bagi masyarakat juga sebagai tempat musyawarah, tempat mengadili orang-orang yang melanggar perintah raja dan adat yang berlaku

Rumah adat atau biasa disebut Si Waluh Jabu yang usianya sudah 250 tahun. Rumah adat Karo punya ciri-ciri khusus, rumah panggung yang di dalamnya terdapat ruangan besar dan tidak disekat. Dalam rumah itu bisa tinggal 8-10 keluarga yang masih punya kekerabatan. Rumah ini juga memiliki teras yang terbuat dari bambu. Di ujung atap rumah terdapat tanduk kerbau yang dimaknai sebagai penolak bala. Disini kita masih bisa melihat indahnya budaya karo dengan bentuk rumah adatnya yang khas. Dengan atap ijuk dan juga berbentuk rumah panggung dan juga ada gerganya dengan warna yang sangat menarik.  Uniknya yah.....  dan saya sangat bangga masih bisa menemui budaya peninggalan para leluhur.

4. SIPISO PISO

Jika anda sudah pernah kesuatu ari terjun maka saya harap  kamu juga mengunjungi air terjun Sipiso-piso yang sangat menakjubkan dan luar biasa loh........

Ini dia gambar air terjun sipiso- piso. Keren banget.......

Selajutnya  setelah serapan pagi dari penginapan di Gundaling maka  perjalan kami pada hari kedua adalah Menuju Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Sumatera. Berada di Kabupaten Karo. Air terjun ini membuat saya terkagum akan keindahannya. Sebelum menelusuri bukit menuju air terjun maka saya pertama sekali singgah di Gardu pandang yang terletak di Bukit. Disini kita bisa melihat indahnya pemandangan danau toba dan juga pulau samosir. Disini juga bisa melihat betapa indahnya hamparan dataran tanah karo.

Setelah memandangan dari atas maka selanjutnya yang saya lakukan bersama rombongan adalah menelusuri anak tangga menuju  air terjun. Saya meuruni anak tangga sampai yang paling bawah. Dan sampai dibawah kita langsung merasakan sejuknya udara dan juga adanya percik"" air yang  menyentuh sampai ke hati. Disana ketika saaapi dibawah dengan rasa puas dan bangga menjadi kelompok pertama yang bisa nyape dibawah  kami semua berteriak sekencang-kencangnya ................

Kami melepaskan sepatu menuju air terjun jatuh, kami menelusuri bukit" kecil  dan juga merakan percikan air seakan hujan lokal.  Berdiri dekat air terjun, memandang bukit" yang  ada disekitar air terjun rasanya sangat menakjubkan.  Dan bahkan kami membasahi baju kami dengan berdiri sambil berfoto dekat air terjun. Tapi itu tidak masalah dengan apa yang kami dapat dan rasakan.  Sungguh luar biasa.

Saya sempat berpikir bahwa sipiso-piso itu rasanya biasa aja, ternyata saya salah dan bahkan boleh dikatakan ini yang terindah dimana airnya langsung menuju danau toba sehingga kita  bisa sekaligus memandang danau toba.

Dan untuk kesana sebaiknya kamu membawa baju ganti.......  he he .    soalnya kalau tidak kamu akan cape naik dengan baju basah.
Ingat yah.........  kamu harus coba.   Dan ajak teman" kamu. Karena dengan melihat dan merasakan percikan airnya secara langsung maka kamu akan memiliki semangat lebih, bangga, puas  dan juga rasanya beban hidup serasa ngk ada.........    :)

5. Pasar Buah Berastagi

Pada hari ketiga perjalan pulang dari TWI Sitinjo Dairi saya beserta seluruh rombongan balik lagi keberastagi melihat pasar buah. Dan disini kita bisa membeli berbagai jenis buah-buahan yang dijual oleh beberapa pedagang. Pertama masuk kepasar buah kita langsung di layani oleh pedagang dengan sopan, dan ramah bahkan  sebelum membeli buah kita juga dikasih mecoba buahnya.

Dipasar buah berastagi ini saya melihat berbagai jenis buah dan disini juga terdapat bua-buahan khas berastagi yang bakalan jarang ditemukan ditempat lain.  Jadi jika kamu melewati berastagi sayang banget deh jika tidak singgah dipasar buah. Buahnya segar-segar dan juga manis. Dan masalah harga masih bisa nego..........  :)
PASAR BUAH
PASAR BUAH BERASTAGI
BUAH JERUK DIPASAR BUAH
BERASTAGI

PASAR BUAH
MARTHA SIPANGKAR DI PASAR BUAH

Ini merupakan conto sayur-sayuran segar yang dijual di pasar buah berastagi. Warna saja sudah menarik apa lagi dibeli yah.......

Ini adalah salah satu tempat penjual bunga yang sangat indah dipandang  mata di pasar buah berastagi.

Memang sih secara sekilas hanya mendengar namanya mungkin kita berpikir kalau yang dijual hanyalah Buah saja, Namun jangan salah disiini juga dijual berbagai jenis sayur-sayuran segar, ada juga aksesoris, pakaian dengan ciri berastaginya dan juga ada Bunga yang cantik dan indah.  Jadi jangan asal lewat aja donk,,........    Kunjungi yah karna kualitas buah disini bagus dan juga terdapat berbagai jenis yang bisa membantu menyembuhkan penyakit.

Aku jamin deh jika kamu ngk suka berbelanja di pasar tradisional namun disini lain hal. Kamu akan sangat betah dengan apa yang kamu lihat dan rasakan, Buah-Buahan yang segar, Sayur-sayuaran yang hijau.

Bahkan saya sendiri tidak tahan melihatnya . Pengen banget beli semua yang ada disana . cuma masalahnya, masih anak kos......  HE HE. :)

6. Permandian Air Panas Sidebuk-debuk

Setelah perjalan 3H2M Kami pun harus kembali kemedan. Namun sebelum itu pastinya kami  ketempat ini dulu donk.........   permandian air panas Sidebuk-debuk yang sangat sayang bila dilewatkan.  Ini terdapat di kaki gunung Sibayak, dan tempat ini memiliki bau yang khasn yaitu belerang.

Perjalan tiga hari dua malam tentunya membuat badan jadi pegal dan juga agak lemas, jadi mandi air panas di tempat ini merupakan moment yang sangat cocok  untuk menghilangkan pegal- pegal yang dirasakan.
Dab betul saja dengan mandi air belerang tersebut rasanya segar dan pegal-pehal pun hampir ngk terasa .

Mandi dengan air belerang di sidebuk-debuk memberikan sensasi tersendiri dan juga keindahan tersendiri.
Jadi kamu jangan lupa yah....... berkunjung ke Permandian Air Panas Sidebuk-debuk.  aku yakin deh capek dibadan akan hilang sekejab akinat keajaiban airnya.

Semangat Selamat Berkunjung.........  :)